Pelatihan Tim OSN SD Se-Provinsi Jambi 2013

Kembali, Sabtu 26 Juni 2012 lalu tim instruktur OSN SD Diagnostiq berangkat ke Pulau Sumatera untuk melatih 6 orang siswa/i terpilih dari bidang Matematika dan Sains untuk mewakili Provinsi Jambi di ajang Olimpiade Sains Nasional Jenjang Sekolah Dasar keduaabelas. Tiga orang siswa Matematika yaitu Vina Setiawaty dari SDS Xaverius I Kota Jambi, Farhan Hafiz dari SDN I Kota Jambi, dan Felicia Priskilla dari SD Kristen Bina Kasih Kota Jambi dilatih oleh Dita Adi Septianita, S.TP sebagai instruktur Matematika. Sedangkan tiga orang siswa Sains yaitu Kania Ramadhani Putri dari SDN 2/VII Sarolangun, Seleni Casanova Ong dari SD Kristen Bina Kasih Kota Jambi, dan Rianty Telaumbanua dari SDN 57/X Kampung Laut dilatih oleh Zulfa Fitria, S.Si sebagai instruktur Teori Sains dan Drs. Cepi Saefullah, M.Si sebagai instruktur Praktikum Sains. Mereka dilatih selama 6 hari, sejak Minggu 27 Mei 2013 sampai Sabtu 1 Juni 2013. Kompetisi OSN SD sendiri yang semula diperkirakan dimulai pada Minggu 2 Juni 2013 bergeser menjadi Rabu 5 Juni 2013, dengan tempat yang sama yaitu di Kota Kembang, Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Hotel Grand Pasundan, Bandung.

gambar berita 2

gambar berita 4

Penyajian materi Matematika Inovatif Kreatif dan diskusi Strategy Problem Solving

Penyajian materi Matematika Inovatif Kreatif dan diskusi Strategy Problem Solving

Pelatihan yang diselenggarakan selama 6 (enam) hari tersebut difokuskan mengupas tuntas soal-soal OSN SD tingkat Nasional dari 3 (tiga) tahun terakhir. Tipe soal Matematika terdiri dari Soal Isian Singkat, Soal Uraian, dan Soal Eksplorasi, sedangkakn tipe soal Sains terdiri dari Soal Teori dan Soal Praktikum. Di bidang Matematika sendiri, poin penting yang diasah dengan serius oleh instruktur adalah keahlian siswa dalam memecahkan persoalan Matematika yang unik, atau yang lebih dikenal sebagai Problem Solving Strategy. Cakupan soal Matematika itu luas dan tidak terbatas. Soal sekreatif apapun dapat diciptakan oleh si Pembuat Soal. Namun, pasti semua itu ada solusinya. Di pelatihan inilah, siswa dikenalkan dengan berbagai tipe soal dan melatih mereka membuat pola penyelesaian sendiri sesuai daya imajinasi mereka, sesederhana mungkin, kreatif, dan inovatif. Kemampuan ini sangat dibutuhkan terutama untuk memecahkan problematika di Soal Eksplorasi.

Lain halnya dengan Sains atau IPA, siswa dituntut menguasai konsep pengetahuan dasa rseputar Biologi dan Fisika. Fenomena-fenomena alam yang terjadi sehari-hari seringkali menjadi bahasan dalam soal OSN Sains. Kemampuan siswa dalam mengaitkan sebab dan akibat dalam fenomena-fenomena alam yang terjadi, merupakan modal utama peserta OSN. Pertanyaan pertanyaan seperti ‘mengapa begini?’, ‘mengapa begitu?’, ‘darimana itu bisa terjadi?’, ‘apa dampak selanjutnya?’, apa penyebab utamanya?’, merupakan pertanyaan siswa yang sering muncul selama pelatihan. Kalimat-kalimat tersebut berubah menjadi keterampilan yang harus dikuasai saat praktikum. Menguji kebenaran fenomena alam dengan alat peraga yang mereka gunakan sendiri,lalu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam soal.

Dari semua itu, modal terpenting yang harus dimiliki oleh siswa peserta OSN sebagai calon juara adalah motivasi untuk menjadi juara. Motivasi ini tercermin dalam kegigihan dalam mencari solusi masalah, pantang menyerah, terus ingin tahu, dan pantang merasa puas atas ilmu yang diperoleh. Sehingga mereka terus mencari tahu dan mencari tahu sampai wawasan seluas apapun. Walaupun mereka pada akhirnya belum berkesempatan memperoleh medali, namun mereka sudah berhasil menjadi juara bagi diri mereka sendiri.

Atas rahmat Allah Yang Maha Kuasa pula, akhirnya perjuangan tim instruktur dan kegigihan tim peserta OSN SD Jambi membuahkan hasil yaitu Jambi meraih 3 medali perunggu dan 2 juara harapan. Vina Setiawaty menyumbangkan Medali Perunggu Bidang Matematika, Kania Ramadhani Putri dan Seleni Casanova Ong menyumbangkan Medali Perunggu Bidang Sains, serta Farhan Hafiz dan Felicia Priskilla meraih Penghargaan “Berbakat” sebagai Juara Harapan Bidang Matematika. Tentunya setelah OSN ini berlalu, Diagnostiq berharap kenam putra-putri berprestasi Jambi tersebut dapat kembali mengharumkan nama sekolah dan provinsinya di Olimpiade Sain Nasional Jenjang SMP mendatang, ataupun di kompetisi akademis lainnya. Salam prestasi dan salam kebanggaan dari kami, Tim Diagnostiq untuk kalian. Sukses selalu! (das)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>